Beraktivitas di saat “New Normal”

Beraktivitas di saat “New Normal”
June 12, 2020 admin
In News

Sejumlah peraturan dan pembatasan seperti PSBB di beberapa daerah sudah mulai di longgarkan dalam waktu dekat. Perusahaan juga sudah ada yang mulai membuka kembali karyawan bekerja dari kantor. Sejumlah toko dan mall pun akan mulai dibuka, dan aktivitas mulai berjalan seperti biasa. Hal ini membuat masyarakat akan lebih rentan terpapar oleh virus ketika naik kendaraan umum menuju tempat kerja, dan juga karena fasilitas bersama di kantor seperti penggunaan kamar mandi, penggunaan barang ruang makan, gelas, piring, sendok, dan semacamnya. Masyarakat dihimbau untuk lebih berhati-hati dan higienis dengan protokol kesehatan yang dipatuhi oleh masing-masing. Pola kebiasaan pribadi masing-masing pun harus mulai diubah, dan berikut ini adalah hal yang bisa dipersiapkan untuk mulai beraktivitas:

 

1. Tas Kebersihan

Tas kebersihan harus selalu siap di dalam tas kecil, wajib dibawa dan dapat digapai dengan mudah berisi: Tisu Basah, Tisu Kering, Hand Sanitizer, Masker Cadangan (2 Pcs), Sabun di botol kecil, Handuk Kecil untuk mengeringkan tangan. Penggunaan Hand Sanitizer juga harus dibatasi, untuk menjaga kelembaban kulit supaya tidak mudah kering dan terkelupas. Jika masih ada air dan sabun, maka gunakanlah air dan sabun.

2. Tas Bekal Makanan Pribadi

Jaga nutrisi selama new normal sangat penting, siapkan bekal Anda sendiri supaya bisa mengurangi makan di tempat umum. Untuk bekal penuh protein, sajikan bekal dengan cepat seperti menu Bonanza Beef Gyu-Don ala Nasi Beef Yakiniku di restoran Jepang. Anda hanya perlu membeli daging slice, kemudian menyiapkan bawang putih, bawang bombay dan tumis dengan kecap asin lalu tambahkan sayur. Atau sajian mudah seperti Sup Bakso Bonanza Beef, dengan 84% daging sapi. 

Kopi Susu untuk bekerja pun dapat dipersiapkan dengan membuat kopi susu kekinian di botol thermos yang anda bisa buat sendiri di rumah dengan bahan simple seperti kopi, susu dan gula. Tas Bekal (cooler bag) yang sudah ada lapisan aluminium nya dapat menjaga suhu dari bekal. Makanan tetap hangat, dan minum tetap dingin.

Sediakan camilan sehat seperti buah-buahan agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga.

3. Tas Peralatan Makan Pribadi 

Untuk menghindari kontak dengan fasilitas umum jika bepergian untuk makan siang, anda harus membawa peralatan sendok, garpu, dan sedotan pribadi yang disimpan dalam wadah tertutup yang bersih supaya setelah dipakai dapat dicuci dan disimpan kembali. 

Bawalah botol minum untuk selalu siap sedia di tas dan refil dengan air mineral di tempat yang tersedia. Badan harus tetap mendapatkan hidrasi dan kita harus minum air yang banyak.

 

4. Tas Ibadah Pribadi

Untuk menghindari penggunaan dari fasilitas ibadah umum, maka disarankan untuk membawa sajadah, sarung, dan mukena berbahan ringan khusus travelling supaya bisa menggunakan milik sendiri.

Itulah beberapa perlengkapan dan tas yang anda bisa persiapkan menuju beraktivitas. Melalui persiapan yang maksimal, dan minimalisir kontak dengan tempat atau fasilitas umum, semoga juga dapat mengurangi penularan virus corona ketika Anda berada di luar rumah. Tetap jaga protokol keamanan pribadi lainnya, seperti “physical distancing”, jaga jarak aman ketika mengantri, hindari berkerumunan, dan konsumsi vitamin setelah sarapan sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat kembali beraktivitas di luar rumah.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*