8 Hal yang perlu diperhatikan saat memasak Daging

8 Hal yang perlu diperhatikan saat memasak Daging
April 9, 2019 admin
In News

Sebagian orang pasti suka daging, tapi gak bisa memasaknya. Sayang sekali, padahal kalau bisa memasaknya, kamu akan bisa makan daging kapan pun dengan varian masakan yang kamu suka.

Hampir sebagian orang, memasak daging adalah sesuatu yang cukup membingungkan. Terkadang bingung, daging tersebut sudah matang atau belum. Apakah kamu merasa caramu memasak daging sudah benar? Yuk, kita buktikan 🙂

  1. Tidak memberikan waktu daging untuk istirahat

Apakah hal yg satu ini sudah dilakukan? Ketika kamu memasak daging dengan cara dipanggang dalam oven atau dimasak di atas kompor, kamu harus membiarkannya dahulu selama kurang lebih 15 menit sebelum memotongnya. Langkah ini sangat penting untuk membantu daging agar lebih mengandung air.

  1. Meletakkan daging matang di piring yang sama dengan daging mentah

Terkadang hal ini dianggap sepele, tetapi ternyata hal ini termasuk kesalahan yang paling banyak dilakukan saat memasak daging. Gunakanlah piring bersih untuk meletakkan daging yang sudah matang.

  1. Teknik memotong daging yang salah

Rasa dan tekstur daging bisa berbeda, tergantung dengan teknik memotongnya. Sebelum memasak, kamu harus riset dahulu potongan daging seperti apa yang cocok dalam masakanmu. Jangan sembarangan memotong ya!

  1. Tidak memberikan bumbu dengan baik

Biasakan untuk memberikan bumbu pada daging sebelum dan sesudah masak sangatlah penting. Terutama ketika kamu tidak menggunakan saus apa pun dalam hidangan dagingnya. Lebih baik menaburkan garam dan blackpaper pada daging steak dan biarkan minimal 40 menit sebelum di masak. Hal tersebut akan menjaga cita rasa agar tetap sedap walau tanpa saus apa pun.

  1. Tidak memanaskan penggorengan sebelum memasak

Nahlo, siapa yg sering melakukan hal ini? Semestinya kamu memanaskan dahulu panci yang akan kamu pakai untuk memasak daging. Jika panci sudah dipanaskan dengan waktu yang tepat, dijamin kamu akan mendapatkan daging yang matang sempurna.

  1. Langsung memasak daging yang baru keluar dari freezer

Menyimpan daging dalam freezer memang membantu masa bertahan lebih lama. Tetapi jika ingin memasaknya, jangan langsung dimasak dalam keadaan dingin. Biasanya ini yg udah gak sabar untuk menikmatinya. Semestinya, biarkan sekitar 20 menit di suhu ruang yang normal, sebelum di-grill atau dimasak.

  1. Terlalu sering membalik daging

Ketika memanggang daging, pasti kamu menginginkan tingkat kematangan yang pas sesuai dengan selera, kan? Tidak perlu khawatir daging akan gosong, sampai kamu harus membolak-balik dagingnya. Sebaiknya kamu menunggu sejenak hingga satu sisinya matang, baru kamu bisa membaliknya. Hal ini dilakukan agar dagingmu tidak menempel di pemanggangnya dan apabila ingin diangkat tidak hancur.

  1. Mengabaikan termometer daging

Mengetahui suhu pada saat memasak daging juga sangatlah penting, lho. Termometer daging mengambil beberapa risiko dalam memasak daging dengan potongan besar, seperti daging panggang. Karena kamu akan tahu ketika daging sudah terlihat matang di luar, Biasanya daging sudah terlihat matang namun pada bagian dalamnya apa yg terjadi? Daging masih setengah matang.

Itulah 8 hal yang perlu di perhatikan pada saat ingin memasak daging. Sekarang sudah tahu kan? Yuk ikuti tipsnya dan pastikan apabila sudah membaca artikel ini, Daging yang kamu masak jauh lebih enak dari yang sebelumnya hehe

 

Sumber Artikel: https://www.idntimes.com/food/dining-guide/birgitta-angie/8-kesalahan-saat-masak-daging-1/full

Penulis: Brigitta Angie

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*