7 macam Perbedaan dalam memotong Daging Sapi

7 macam Perbedaan dalam memotong Daging Sapi
April 9, 2019 admin
In Uncategorized

Ternyata dalam memotong daging saja ada perbedaannya, Oh ini yang dikatakan kesalahan dalam memotong daging. Apabila salah memotong daging, rasa dagingnya akan alot? Apakah hal itu mitos atau fakta? Berikut adalah 7 macam potongan daging yang perlu anda tahu supaya daging empuk dan sesuai dengan menu masakanna yg Anda inginkan.

1.Fillet

Potongan pada bagian ini biasanya dipakai untuk daging has (sirloin), dimana daging dipotong utuh panjang. Jika potongan berlawanan arah dengan serat daging tekstur maka daging akan terasa empuk.

Apabila ingin mendapatkan potongan daging fillet, letakkan daging di atas talenan. Lalu bersihkan daging dari serat-serat yang menempel dan selaput kasar yang ada dan dipisahkan. Potong daging dengan cara menyamping yang berlawanan dengan serat daging. Nah, Potongan fillet biasanya digunakan untuk memasak steak.

  1. Cubes

Potongan cubes merupakan potongan yang biasa digunakan untuk memasak. Biasanya bentuk potongan ini diambil dari bagian topside, short rib, chuck tender, rump, dan shin.

Jika ingin memotong daging berbentuk cubes cukup siapkan pisau yang tajam lalu potong daging menjadi dadu. Potongan cubes biasanya dijadikan campuran membuat sup daging atau soto daging.

  1. Chop

Daging potongan chop sering disebut juga cincang kasar. Potongan chop biasanya dilakukan untuk daging dan tulang yang cukup empuk. Seperti tulang bagian iga yang bertulang rawan.

Untuk mendapatkan potongan ini, anda membutuhkan pisau cincang berukuran besar. Sehingga hasil potongannya pun jadi kecil-kecil dan nampak tak beraturan. Saus pasta atau abon adalah sajian yang biasa menggunakan daging potongan chop.

  1. Minced

Potongan minced ini sering disebut dengan istilah cincang halus. Hasil potongan ini identik dengan hasil penggilingan daging dengan mesin. Yang mudah pula kita dapatkan di supermarket dengan label minced meat.

Biasanya minced meat digunakan untuk membuat bola bola daging yang biasa ditemukan dalam sajian spaghetti bolognaise, semur dan rendang.

  1. Slice

Anda pasti sering menemukan daging potongan ini jika makan di restoran cepat saji ala Jepang. Nah, daging iris yang tipis ini dan terlihat lebar ataupun panjang. Untuk mendapatkan irisan yang bagus, daging sapi yang digunakan yaitu bagian rump, knuckle, flank, topside, chuck roll, topside, cube roll, dan strip loin.

Daging dipotong tipis, pipih, dan cenderung lebar. Potongan slice biasa digunakan untuk yakiniku dan sukiyaki.

  1. Cutlet

Potongan cutlet sepintas dengan potongan fillet dengan tujuan memperpendek serat daging sehingga lebih lunak. Bagian yang biasanya dipotong dengan cara ini adalah iga sapi atau kaki.

  1. Goujons dan Rolled

Goujons merupakan potongan daging sebesar ibu jari, yang sering digunakan dalam hidangan Perancis. Bagian daging yang biasa digunakan yaitu sirloin. Anda dapat memasak steak, tumis daging dengan potongan goujons.

Sedangkan, rolled merupakan daging iris tipis yang digulung. Bagian daging yang biasa digunakan adalah fore rib dan sirloin. Roast beef roll ups dengan balsamic sauce adalah salah satu makanan dengan potongan rolled.

Yuk pelajari lagi informasi aneka potongan daging sapi. Selain kelihatannya cantik pada saat di sajikan, potongan juga akan menambah kelezatan daging lho! Selamat mencoba!!!

https://resepkoki.id/7-potongan-daging-sapi/

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*